Friday, June 27, 2014

Rusia Perbarui Doktrin Pemakaian Nuklir Dalam Militer




Militer Rusia akan memiliki lebih banyak pilihan untuk menggunakan senjata nuklir dan melihat lebih banyak potensi ancaman terhadap keamanan negara ketika doktrin militer baru mulai berlaku.

Dokumen tersebut, yang diharapkan untuk digunakan sebelum akhir tahun, akan menggantikan versi yang diadopsi pada tahun 2000. Draft dokumen telah diungkapkan kepada media minggu ini, lapor surat kabar Gazeta.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolay Patrushev, mengumumkan bahwa Moskow akan mempertimbangkan senjata nuklir sebagai pilihan yang mungkin dalam lebih banyak situasi daripada biasanya. Sebuah serangan awalan dengan senjata nuklir akan menjadi salah satu skenario, misalnya.

Jumlah ancaman militer yang tercantum dalam dokumen juga telah diperbesar, sesuai dengan konsep dokumen 17-halaman itu. Mereka akan mencakup bangsa lain yang mengabaikan kepentingan keamanan strategis Rusia, usaha-usaha untuk mengakhiri keseimbangan kekuasaan di sekitar Rusia dan sekutu-sekutunya, dan gerakan untuk mengubah keseimbangan dalam "dunia nuklir dan rudal", seperti penyebaran sistem anti-rudal balistik.


"Doktrin saat ini merupakan dokumen peralihan akhir abad 20," katanya. "Analisis situasi militer strategis di dunia dan kecenderungan kita akan melihat sampai 2020 menunjukkan pergeseran dari konflik dalam skala besar perang lokal dan konflik bersenjata."

Patrushev mengumumkan bahwa Rusia akan melihat senjata nuklir sebagai alat perang yang sah dalam konflik skala kecil.

"Kami telah mengoreksi ketentuan untuk menggunakan senjata nuklir untuk melawan agresi dengan kekuatan konvensional tidak hanya dalam perang skala besar, tetapi juga di regional atau bahkan lokal," katanya.

"Ada juga beberapa pemberian opsi untuk penggunaan senjata nuklir yang bergantung pada situasi dan niat dari musuh potensial," tambahnya. "Dalam situasi kritis bagi keamanan nasional, kita tidak mengecualikan serangan nuklir preventif kepada agresor."

Utusan NATO Rusia, Dmitry Rogozin, mengatakan bahwa doktrin baru didasarkan pada analisis ancaman di masa depan kepada Rusia

"Ancaman skala besar perang antarbenua tidak lagi ada," katanya. "Ancaman Rusia yang utama sekarang berasal dari konflik teritorial dan lokal. Jadi negara ini mengembangkan kekuatan yang solid, mobile dengan persenjataan nuklir yang fleksibel. Ini mirip dengan jalan yang diambil Perancis di bawah Charles de Gaulle. "

Pengumuman doktrin datang selama kunjungan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton ke Moskow, dengan non-proliferasi nuklir menjadi salah satu dari isu-isu dalam agendanya. Clinton mengklaim bahwa doktrin militer AS tidak mengizinkan penggunaan nuklir untuk pencegahan. Namun para analis mengatakan bahwa selama sepuluh tahun terakhir, AS telah menunjukkan sebaliknya.

"AS siap untuk menggunakan senjata nuklir terhadap Irak dalam invasi pada tahun 2003, dan kemudian terhadap Iran pada tahun 2008," kata Konstantin Sivkov, wakil Presiden dari Akademi Ilmu geopolitik. "Ini jelas dibuktikan melalui pernyataan pejabat militer dan politik profil tinggi. Jadi, mengatakan doktrin AS tidak secara langsung memasukan penggunaan serangan nuklir preventif itu tidak benar."

Juga termasuk pada daftar ancaman campur tangan dengan kebijakan-kebijakan internal Rusia, sengketa teritorial, perlombaan senjata dan upaya merongrong pembatasan dan pengurangan senjata internasional, kemungkinan penempatan senjata di ruang angkasa, dan konflik militer di dekat perbatasan Rusia.

Pada saat yang sama, doktrin ini menyatakan bahwa risiko berskala besar yang melibatkan konflik bersenjata Rusia telah menurun selama beberapa dekade.

Mikhail Troitsky dari Institut Negara Moskow Hubungan Internasional mengatakan ia tidak akan menggambarkan doktrin baru ini sebagai agresif.

"Mengelaborasi strategi penggunaan senjata nuklir adalah sebuah proses politik. Ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengirim sinyal-sinyal politik baik untuk rekan-rekan maupun musuh potensial Rusia," katanya.

Strategi doktrin baru tersebut diresmikan tidak lama setelah AS dan Rusia membuat kesepakatan baru mengenai pengurangan senjata nuklir.

Baik AS maupun Rusia sama-sama mengatakan bahwa kesepakatan baru diharapkan akan dapat dicapai pada penghujung tahun 2009.

Seakan menandakan kemenangan diplomatik Rusia, ketika rincian kesepakatan nuklir baru AS - Rusia dibocorkan kepada pers, para pakar di Moskow mendapatkan lebih banyak alasan untuk bergembira.

"Kami berharap perjanjian tersebut akan segera ditandatangani pada akhir minggu ini, atau setidaknya pada akhir tahun ini," kata kepala Komite Urusan Luar Negeri Duma. "Setidaknya hal ini memperjelas ambisi dari kedua presiden, dan saya tahu benar bahwa kedua tim negosiator telah mendapatkan perintah untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dalam tempo yang sesingkat-singkatnya."

Sebuah surat kabar Rusia memberitakan bahwa proses perundingan sudah hampir mencapai tahap akhir, dimana Rusia memenangkan sejumlah ketentuan


SUMBER BERITA SUARA MEDIA

No comments:

Post a Comment