Monday, September 19, 2016

Cara Mudah Meningkatkan Ingatan di Otak Anda



Tahukah Anda mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam bisa mencegah kepikunan di kemudian hari? Semua sayuran memang mengandung nutrisi dan nilai gizi yang baik bagi tubuh kita. Tapi bayam dapat meregenerasi otak 11 tahun lebih muda sehingga tidak mudah pikun.

Peneliti dari Rush University di Chicago, AS, melakukan evaluasi 950 orang tua setiap tahun selama satu dekade. Sebanyak 19 tes diberi ke seluruh peserta yang rata-rata berumur 81 tahun. Tes ini guna melihat fungsi dari makanan dan minuman di dalam diet sehari-hari untuk kesehatan mental seseorang.

Para peneliti melihat fungsi kognitif pada individu yang gemar menyantap bayam sebanyak satu atau dua kali sehari yang dinilai mampu bekerja maksimal.

Seperti dikutip dari Telegraph, Sabtu (17/9/2016), peneliti utama Martha Clare Morris mengatakan, "Hilangnya kemampuan kognitif atau memori seseorang adalah salah satu ketakutan besar bagi orang tua. Sebab merosotnya kemampuan kognitif sangat berdekatan dengan penyakit alzheimer dan demensia."

Dari hasil penelitian ini, Morris menyarankan agar individu dari semua usia meningkatkan konsumsi sayuran hijau khususnya bayam. Sebab, rutin mengonsumsi bayam berguna untuk melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia.

Morris mengatakan bahwa manfaat dari sayuran hijau yang mengandung tinggi vitamin dan nutrisi, seperti vitamin K, lutein, folat dan beta-karoten adalah kandungan yang berperan aktif melindungi serta mempertahankan kemampuan kognitif, sehingga terhindar dari kepikunan dini. Bahkan dalam pekan Experimental Biology Conference di Boston, disebutkan sayuran hijau termasuk bayam dapat meregenerasi otak 11 tahun lebih muda.

Pekerjaan yang rutin akan memotivasi otak Anda untuk bekerja yang terbaik dengan merangsang sel-sel saraf Anda untuk memperbanyak, memperkuat interkoneksi dan melindungi mereka dari kemungkinan bahaya. Pekerjaan rutin bisa meningkatkan sirkulasi darah di otak dan membantu orang mempelajari hal baru dua kali lebih cepat.

Diet dan makanan yang Anda makan serta makanan yang tidak dimakan memainkan peran penting untuk meningkatkan ingatan di otak. Beberapa makanan tak hanya melindungi otak tapi juga bisa menstimulasi perkembangan sel-sel baru.

Makanan yang dimaksud antara lain, kenari, seledri, kembang kol dan brokoli. Sementara itu, minyak kelapa adalah lemak yang super sehat dan dikenal mampu meningkatkan kinerja otak Anda.

Tidur cukup juga bisa meningkatkan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang sebentar dapat membantu meningkatkan energi serta kemampuan otak.

Meningkatkan memori juga bisa dilakukan dengan kegiatan yang berarti seperti membaca buku yang bagus, memecahkan teka-teki silang, menulis di buku catatan. Selain bisa meningkatkan ingatan, ini juga bisa meningkatkan kemampuan untuk memahami konsep-konsep.

Menjahit, merajut, membuat tembikar dan menggambar merupakan kegiatan artistik yang ternyata bisa meningkatkan koordinasi mata dan tangan serta merangsang otak. Cobalah mendengarkan musik karena bisa membantu Anda meningkatkan kekuatan otak.

Antioksidan telah terbukti meningkatkan kekuatan otak karena membuat pemilik menjadi super aktif. Selain itu, istirahat yang teratur membantu otak beristirahat sehingga otak bisa berfungsi maksimal.

No comments:

Post a Comment