Friday, September 30, 2016

Riset IHSG Hari Ini

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -  JAKARTA - Menutup perdagangan pekan ini, pasar modal Indonesia diperkirakan tidak begitu bergairah. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun diprediksi mendatar.
Analis ReLiance Securities Lanjar Nafi menjelaskan, pergerakan IHSG secara teknikal terkonsolidasi dengan pola shooting star candlestick pattern pasca pulled back pada upper bollinger bands. Indikator stochastic terus bergerak mendatar pada area overbought dengan momentum RSI yang tidak begitu menarik di middle
oscillator.
"Sehingga peluang penguatan IHSG cenderung terbatas melihat dari sisi pola pergerakan yang rawan aksi jual di harga tinggi saat ini. Diperkirakan IHSG akan bergerak pada range 5.348-5.480," tuturnya dalam riset, Jumat (30/9/2016).
Namun, bursa Asia kemarin ditutup mayoritas menguat tajam pasca kesepakatan tak terduga dari anggota OPEC untuk memangkas produksi minyak mentah untuk pertama kalinya sejak tahun 2008. Harga minyak melonjak 5,3 persen mendekati USD47 per barel di akhir sesi perdagangan.
"Harga minyak telah menekan perekonomian global selama dua tahun terakhir dan memacu deflasi yang merugikan dinilai investor telah jenuh dan menjadikan sentimen OPEC ini sebagai momentum rebound sektor energi," imbuhnya.
Sementara bursa Eropa dibuka gap up menguat dengan rata-rata di atas 1 persen. Kejutan dari perjanjian OPEC yang menemukan titik temu antar produsen minyak utama membuat investor berspekulasi positif mengenai prospek harga minyak dan penguatan nilai tukar yang berkorelasi positif dengan aktivitas impor yang berpengaruh pada pertumbuhan inflasi.
Pergerakan bursa saham Indonesia sepertinya masih belum bisa melanjutkan penguatan. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diyakini bergerak pada rentang 5.391-5.478.
Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang mengatakan, sentimen untuk IHSG datang dari pencapaian tax amnesty dan juga kejatuhan Wall Street. Di mana DJIA turun 1,07 persen, EIDO 1,63 persen dan nikel 2,43 persen.
“Oleh karena itu, IHSG diperkirakan turun di hari Jumat dengan kisaran level 5.391-5.478,” ungkap dia dalam risetnya di Jakarta, Jumat (30/9/2016).
Sekadar informasi, saat ini pencapaian tax amnesty di sisa waktu 92 hari hingga akhir tahun 2016 yaitu repatriasi mencapai Rp131 triliun (target Rp1.000 triliun), deklarasi luar negeri Rp888 triliun, deklarasi dalam negeri Rp2.177 triliun, tebusan murni Rp90,1 triliun, total tebusan Rp93,5 triliun (target Rp165 triliun) dan total harta Rp3.195 triliun (Target Rp4.000 triliun).

No comments:

Post a Comment